Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Masjid Mengenai Basic Life Support (BLS) di Masjid Nurul Iman Pontianak Timur

STIKes Yarsi Pontianak menjalin kerja sama dengan Program Masjid Nurul Iman Pontianak Timur menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Basic Life Support (BLS), 27 Agustus 2019 dengan narasumber Bapak Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep dan Ns. Ali Akbar, M.Kep selaku dosen di STIKes Yarsi Pontianak bersama dengan tim dari mahasiswa STIKes Yarsi Pontianak.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bantuan dasar hidup yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan angka harapan hidup. Masyarakat diharapkan dapat menjadi penolong pertama ketika terjadi kejadian henti jantung karena masyarakatlah yang selalu berada di lingkungan sosial diluar rumah sakit. Penanganan yang cepat dapat mengurangi kejadian kematian akibat henti jantung.

“Diharapkan setiap remaja masjid dapat memiliki kemapuan live saving sehingga remaja masjid mampu menghadapi pasien dengan henti nafas dan henti jantung di manapun.” Ungkap Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep selaku ketua pengagas kegiatan.

Kegiatan pelatihan dilakukan dalam bentuk training, yaitu peserta tidak hanya diwajibkan mengikuti pemaparan teori, namun juga diberi kesempatan untuk melakukan praktik Basic Life Support (BLS). Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta remaja Masjid Nurul Iman.

Setelah dilakukannya kegiatan penyuluhan menggunakan lembar angket peserta diuji untuk mengetahui pemahaman tentang Basic Life Support (BLS) dan didapatkan hasil terjadi peningkatan 80% pengetahuan maupun keterampilan responden untuk memberikan Basic Life Support (BLS).

“Kami berharap kegiatan seperti ini berkelanjutan sehingga semakin dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat” Ungkap salah satu pengurus Masjid Nurul Iman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *