Peningkatan Kompetensi Pengasuh Melalui Pelatihan Pengasuhan Ramah Anak di Kiwano Day Care Pontianak

STIKes Yarsi Pontianak menjalin kerja sama dengan Mitra Program Kiwano Day Care menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Peningkatan Kompetensi Pengasuh Melalui Pelatihan Pengasuhan Ramah Anak di Kiwano Day Care, 29 Agustus 2019 dengan narasumber Ibu Ns. Lintang Sari, M.Kep bersama dengan tim yang terdiri dari mahasiswa dan dosen STIKes Yarsi Pontianak.

Dalam rangka menyikapi peristiwa saat ini para orang tua banyak memanfaatkan jasa pengasuhan anak sebagai tempat untuk menitipkan anaknya. Orang tua mempercayakan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada para pengasuh TPA. Kondisi day care yang berbeda dengan rumah seringkali menimbulkan kecemasan pada anak, terutama ketika menghadapi perubahan pengasuh.

Ns. Lintang Sari, M.Kep sebagai pengagas pada kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini tentu sangat bermanfaat. Ia menilai bahwa para pengasuh yang seringkali berganti dan belum semua pengasuh memilki keterampilan dan pemahaman yang baik tentang pengasuhan anak yang ramah. Pengasuhan ramah anak dengan menggunakan berbagai teknik bermain diperlukan untuk menurunkan kecemasan pada anak yang sering terjadi di day care.

Setelah dilakukannya kegiatan penyuluhan menggunakan lembar angket peserta diuji untuk mengetahui pemahaman tentang pengasuhan ramah anak dan didapatkan hasil terjadi peningkatan pengetahuan peserta sebesar 70%.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat memahami tentang pengasuhan ramah pada anak dan dapat diterapkan dalam proses pengasuhan,” ungkap Ns. Lintang Sari, M. Kep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *