Workshop Etik Penelitian Kesehatan

Pontianak – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKes Yarsi Pontianak dalam rangka Milad STIKes Yarsi Pontianak yang ke-37 menyelenggarakan kegiatan salah satunya Workshop Etik Penelitian Kesehatan pada Selasa, 16 Maret 2021 yang berlangsung di Ruang Pertemuan STIKes Yarsi Pontianak. Workshop ini bertujuan untuk mematangkan kesiapan peneliti serta Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) STIKes Yarsi Pontianak dalam melakukan review pada tiap penelitian yang akan dilakukan sesuai dengan etika penelitian yang baik. Penelitian merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus berpegang teguh pada nilai-nilai integritas, kejujuran, dan keadilan.

Penelitian dan pengembangan kesehatan diharapkan berjalan dengan baik khususnya di lingkungan institusi STIKes Yarsi Pontianak. Dengan ini seyogyanya seorang peneliti dapat memahami cara berpikir secara ilmiah dan etis, bukan hanya menghargai kesediaan dan pengorbanan relawan manusia yang akan dijadikan responden, peneliti wajib menghormati dan melindungi kehidupan, kesehatan, keleluasaan pribadi (privacy), serta martabat (dignity) subyek penelitian tersebut. Penelitian yang melibatkan hewan sebagai subyek penelitian juga wajib dilakukan dengan baik dan beradab (humane) agar mengurangi penderitaan hewan sebagai subjek penelitian. 

Workshop Etik Penelitian Kesehatan ini mengundang narasumber yang berasal dari Universitas Brawijaya, Ns. Septi Dewi Rachmawati, S. Kep., M. Ng. Beliau merupakan salah satu anggota FIRREC (Forum of Indonesian Recognized Research Ethic Committee) dan beliau memberikan materi terkait Etika Penelitian Kesehatan kepada para dosen STIKes Yarsi Pontianak. Antusiasme dalam kegiatan ini sangat terasa terlihat dari banyaknya pertanyaan serta diskusi yang diajukan kepada narasumber dan partisipan yaitu para dosen berkaitan dengan pengajuan dan review etika penelitian yang nantinya juga akan dilakukan oleh Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) STIKes Yarsi Pontianak terhadap penelitian-penelitian yang dilakukan mahasiswa serta dosen.

Foto bersama secara vitual bersama pemateri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *