Pelatihan Etik Penelitian Kesehatan

Kerja sama FIRREC dan STIKes Yarsi Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKes Yarsi Pontianak bekerja sama dengan Forum Of Indonesian Recognized Research Ethics Committee (FIRREC) menyelenggarakan Pelatihan Etik Penelitian Kesehatan pada 7-8 April 2021 yang berlangsung secara online/daring (via zoom meeting). Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini yaitu meningkatkan pemahaman mengenai prinsip etik penelitian kesehatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Prof. drg. Anton Rahardjo, M.Sc (PH), Ph.D selaku Ketua FIRREC dan bapak Ns. Uti Rusdian Hidayat, M. Kep selaku Ketua STIKES Yarsi Pontianak dengan menyampaikan beberapa hal terkait etik penelitian kesehatan, terutama bagi para peserta untuk fokus mengikuti pelatihan selama 2 hari kedepan agar nanti kedepannya semua penelitian yang dilakukan sudah sesuai dan memenuhi kaidah etik penelitian kesehatan, baik yang dilakukan pada manusia maupun hewan coba.

Prof. drg. Anton Rahardjo, M. Sc, PhD

Pada pelatihan ini terdapat 57 peserta yang mengikuti kegiatan baik berasal dari STIKes Yarsi Pontianak maupun berbagai institusi kesehatan lain dari wilayah pulau Kalimantan, Jawa dan Sumatera. Terdapat 14 Institusi yang mengirimkan peserta untuk mengikuti pelatihan dan dari berbagai profesi seperti dokter, perawat, apoteker, kesehatan masyarakat, bidan dan lay persons. Pelatihan etik Penelitian kesehatan ini menghadirkan 8 narasumber yang merupakan para ahli dibidangnya masing- masing. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk atau metode ceramah, diskusi, studi kasus.  dan praktik telaah protokol penelitian . 

Pemaparan materi oleh narasumber
Para peserta dihari pertama dan kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *