Bakti Edukasi 1000+ Masyarakat Awam Bisa BHD (Bantuan Hidup Dasar) STIKes Yarsi Bersama HIPGABI Prov Kalbar

Dalam menghadapi kondisi kegawatdaruratan seperti saat terjadinya kecelakaan, tersedak dan sebagainya, menuntut individu atau kelompok yang menemukan korban untuk memberikan pertolongan segera. Akan tetapi, jika penolong tidak mengetahui cara yang baik dan benar dalam memberikan bantuan hidup dasar maka bisa berakibat fatal pada korban. Karena, lebih baik mengetahui pertolongan pertama dan tidak memerlukannya daripada memerlukan pertolongan pertama tetapi tidak mengetahuinya penanganan korban di tempat kejadian merupakan hal yang sangat penting. Sebab, setiap kali kejadian bencana, petugas kesehatan sering kali datang terlambat ke lokasi bencana sehingga menyebabkan korban meninggal tanpa adanya tindakan pertolongan pertama.

Pengetahuan dan keterampilan BHD menjadi penting karena didalamnya diajarkan tentang bagaimana teknik dasar penyelamatan korban dari berbagai kecelakaan atau musibah sehari-hari yang biasa dijumpai.Dengan kesiapsiagaan yang tepat berupa pelatihan kader dalam pemberian bantuan hidup dasar diharapkan upaya penanggulangan dapat lebih cepat dan tepat sehingga dapat meminimalisir jumlah korban dan kerusakan. Sebab, di tangan mereka terletak keberhasilan pengembangan dan pembinaan peran serta masyarakat sangat penting yang bertujuan agar terciptanya derajat kesehatan masyarakat yang optimal .

Oleh karena itu STIKes Yarsi Pontianak bekerja sama dengan HIPGABI Prov Kalbar untuk mengedukasi masyarakat terkait bantuan hidup dasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10 tempat yang berbeda yakni Polda Kalbar, RS Bhayangkara Pontianak, Polresta Pontianak, Kantor Lurah Saigon, Atrium Transmart Mall Kubu Raya, Kantor Desa Pulau Lemukutan Bengkayang, RSJD Prov Kalbar, RELAWAN GABUNGAN – PSIK UNTAN dan yang terakhir adalah Wulling Arista Pontianak. Kegiatan ini dimulai pada 24 Agustus 2017 sampai dengan 09 Januari 2021 dengan total peserta dari 10 tempat yang berbeda tersebut adalah 1006 peserta yang telah terpapar dengan bantuan hidup dasar. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ns. Uti Rusdian Hidayat.,M.Kep selaku Dosen STIKes Yarsi Pontianak , tim yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Mahasiswa STIKes Yarsi beserta tim HIPGABI Prov Kalbar. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *